Manajemen Logistik ( Pengadaan ) Operasional Gedung

Pelayanan Menyeluruh untuk Kepuasan Pelanggan ( Customer Satisfaction )

Pengelolaan dalam pekerjaan operasional Gedung, sering terbentur kendala dari berbagai aspek, dalam pelaksanaan suatu pekerjaan dimana terdapat batasan waktu yang terbatas, salah satu aspeknya adalah Pengadaan Material ( Logistik ). Seperti lazimnya suatu pekerjaan di bidang ME ( Mekanikal & Elektrikal ), selain pengetahuan di bidang kerja, fungsi, spesifikasi dan system kerja peralatan, kontribusi dari system administrasi ( History Data ) juga dibutuhkan pada saat akan meminta / mengadakan material yang akan terpakai sehingga Volume diminta mencukupi untuk pelaksanaan kerja yang sudah terencana dan terorganisir.

Kadang jika hal terkecil dari suatu aspek di abaikan, akhirnya dapat menghasilkan Resiko besar dari penyelesaian / keberhasilan suatu pekerjaan, khusunya pekerjaan dibidang ME yang membutuhkan ketelitian dan pembagian waktu yang cermat. Dengan kata lain, Strategi, Perencanaan dan akurasi pengadaan ( Logistik ) material tidak hanya akan mempengaruhi pelayanan saja, tetapi juga kelayakan kinerja menyeluruh Perusahaan. Akhir – akhir ini telah banyak terpakai oleh perusahaan suatu konsep yang dinamakan Manajemen Rantai Pasokan ( Supply Chain Management / SCM ). Konsep ini adalah Pengelolaan aliran barang dari hulu hingga hilir atau dari Produsen sampai kepada Pemakai.

Dalam SCM dikenal suatu “anggota” atau mata rantai pasokan material yang terdiri dari Pabrikan, supplier, Distributor, Grosir, Retail dan Pemakai. Sebenarnya konsep ini sudah ada sejak dulu, sama dengan JIT – Manufacturingnya Toyota ( Just In Time ), pada dasrnya konsep ini mengadopsi system Roda berjalan, dimana pasokan mengalir tiada henti sesuai kebutuhan dalam suatu Proses. Jika terdapat “ Anggota ” yang sakit, otomatis proses membutuhkan prosedur penundaan.
Penyempurnaan dari konsep ini terletak hanya pada sistem Manajemen, Penerapan dari konsep manajemen ini tergantung pada sistem informasi yang terkendali serta infrastruktur yang menopang, sehingga aliran informasi yang up to date ( Baru ) terus mengalir baik, cepat dan akurat.

Beberapa Faktor yang dapat menyebabkan ketidak tersediaan Material adalah :

1. Keterlambatan dari Pabrik pembuat, vendor atau supplier awal ke perusahaan distribusi atau nondistribusi.
2. Jumlah Persediaan yang tidak memadai atau kehabisan stock.
3. Kurangnya pengetahuan dari Manajemen Persediaan produk, jenis produk yang paling, sedang dan tidak sama sekali terjual.
4. Gangguan distribusi pengiriman, dari transportasi, cuaca, alam dll.

Sistem Manajemen Perawatan Gedung yang berbasis pada pemuasan terhadap konsumen ( Customer Satisfaction ) adalah sebuah sistem yang harus dilaksanakan agar tercapai pendekatan pola teknik penghematan untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan utama, peralatan penunjang, material, energi, dan informasi.

Faktor mendasar yang menentukan keberhasilan MANAJEMEN SEDIAAN ( LOGISTIK )adalah dalam penentuan MATERIAL telah dapat diantisipasi sesuai kebutuhan pemakaian dengan frekuensi yang akurat dan tepat. Untuk mempermudah dalam penentuan strategi yang tepat adalah, statistik dari pemakaian material terpakai berdasarkan waktu yang telah dibatasi. Dengan asumsi APA, BERAPA dan KAPAN kita dapat secara jelas memetakan kebutuhan dasar untuk penglolalaan suatu Gedung baik untuk material Habis pakai dan tidak habis pakai. Aliansi utama dari kebutuhan material untuk perawatan dan perbaikan terfokus sekali dengan pelaksanaan program kerja dari yang telah direncanakan ( Preventive Maintenance, Curative Maintenance dan Breakdown Maintenance ) sehingga akan diperoleh Efisiensi dan Produktifitas dari tiap teknisi yang terpusat secara terus menerus ( Berkesinambungan ).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s