Audit Energi dalam Gedung ( Bangunan )

“Akumulasi Perencanaan Kerja Berdasarkan Audit Energi”

Energi merupakan tulang punggung utama kegiatan ekonomi, pembangunan dan kegiatan masyarakat lainnya. Akan tetapi pelaku ekonomi dan pembangunan seringkali tidak mengukur efisiensi energi yang dikonsumsi. Banyak desain bangunan ( gedung ) tinggi lebih memprioritaskan aspek arsitektur dan kurang memperhatikan efisiensi energi pada bangunan yang didesain. Padahal energi makin lama makin mahal, tiap periode waktu tertentu, harga BBM dan listrik terus meningkat karena subsidi pemerintah berkurang.

Pentingnya energi bagi kelangsungan hidup bangsa membuat MENRISTEK (Menteri Negara Riset & Teknologi) RI memasukan bidang energi sebagai bidang yang diprioritaskan ( keputusan Meneg. Ristek RI. No. 02 / M / KP / II / 2000 tentang Kebijakan Strategis Pembangunan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Nasional atau Jakstra Ipteknas th. 2000 ~ 2004 ). Bidang energi ditandaskan lagi menjadi salah satu prioritas utama nasional melalui keputusan Meneg. Ristek RI No. 28 / M / KP / V / 2000 tentang Prioritas Utama Nasional Riset & Teknologi (Punas Ristek ) tahun 2001 ~ 2005

Pengertian Manajemen audit energi adalah audit energi berarti adanya manajemen yang tepat dalam penggunaan energi. Tiap langkah pelaksanaan kerja adalah merupakan implementasi dari perencanaan ( Jadwal ) sudah ditetapkan untuk memperoleh hasil maksimal dalam pemakaian energi, sebagi contoh, jika suatu pekerjaanb tidak mengindahkan dari khasanah yang ditentukan terutama standar kualitas dari seorang pelaksana M/E ( Teknisi ) akan membawa ke suatu tindakan yang menganggap pekerjaan telah berjalan baik. Padahal, jika ditelusuri secara cermat, aktifitas pelaksanaan kerja dari seorang pelaksana harus mengikuti standarisasi operasional yang sudah ditetapkan secara baku.

Dari perencanaan kerja sudah diterapkan segala hal untuk menghindari suatu permasalahan pemakaian energi. Contoh lain, sebuah bangunan ( gedung ) harus punya catatan hirarki yang jelas mengenai besarnya daya ( Watt ) yang dipakai dalam periode tidak terlalu lama ( 1 bulan ). Strategis administrasi yang dilakukan harus memiliki kemampuan mengetahui alur dari suatu pelaksanaan obyek. Akan lebih baik jika tiap bangunan memiliki tim yang mengkaji khusus mengenai manajemen audit energi. Dimulai dari perencanaan, pengumpulan data dasar, pengelolaan informasi, mengindetifikasi peluang penghematan energi yang memerlukan investasi, penentuan biaya rendah dan penyusunan laporan audit yang sistematis, membuat target audit energi semakin mendekati kontribusi real dalam implementasinya.

Jika sudah ditemukan dasar obyek yang signifikan untuk membuat perencanaan, koordinasi serta pengawasan untuk pelaksanaannya akan semakin mudah untuk dikendalikan. Dalam pelaksanaannya manajemen audit energi jangan sampai mengurangi produktifitas dan menurunkan kualitas untuk pengguna gedung ( konsumen ) dan pelaksana ( manajemen gedung ) yang penting adalah mengoptimalkan penggunaan energi, sehingga konsumsi benar disesuaikan untuk kebutuhan dan peruntukannya. Penghematan dari hasil audit bukan berarti membawa dampak harus mengurangi penggunaan energi secara sembarangan dan harus menghentikan segala aktifitas sosial dan ekonomi. Juga pengurangan kualitas layanan, sehingga timbul ketidaknyamanan beraktifitas, ketidakamanan social dan penurunan produktifitas.

Potensi penghematan energi masih dapat dimaksimalkan terutama dalam gedung (Bangunan) komersial, upaya yang paling efektif adalah penggantian peralatan ( Waktu pemakaian telah habis), pengoperasian peralatan dengan tepat, implementasi prinsip konservasi energi dan pola piker dari pemakai dan pengelola. Selain hal diatas faktor terpenting untuk pelaksanaan manajemen audit energi adalah desain gedung, manajemen energi ( administrasi) dan komitmen pimpinan dengan pelaksanaan yang tertib dan teratur, manajemen audit energi dalam gedung akan memperoleh suatu gambaran (informasi) secara menyeluruh mengenai dasar (pola) penggunaan energi di gedung dan memilah indentifikasi peluang penghematan yang akan diterapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s