Penghematan Energi

Gedung atau Bangunan didirikan adalah untuk adanya suatu maksud atau tujuan. Perspektif utamanya adalah Fungsi, selain dari sifat dan jenis peruntukannya. Pelaksanaan operasional suatu gedung akan tercapai optimal, apabila sedari awal telah diketahui dan ditetapkan fungsi dari pembangunannya sehingga implementasi pelaksanaan ( Operasional ) akan diketahui tingkat kegiatan atau akselerasi aktifitas yang bermutu secara terus menerus.
Pemeliharaan adalah bagian dari suatu kegiatan untuk memaksimalkan dan menjamin semua peralatan mampu untuk terus melakukan operasionalnya sesuai dengan apa yang diinginkan. Salah satu tugas dari Building Manajemen dari bagian Engineering adalah melaksanakan program kerja pemeliharaan yang secara garis besar terdiri dari preventive maintenance, Corective maintenance, continius inspeksi dan routine test.
Penentuan obyektif sistem, menetapkan wewenang dan tanggung jawab, penjabaran tindakan yang harus dilakukan, menetapkan teknisi yang diperlukan serta mempersiapkan umpan balik dalam penentuan kriteria performance untuk memonitor sistem adalah beberapa program dalam bidang perawatan yang akan diterapkan untuk Gedung ditambah perubahan pola pikir ( paradigma ) dalam tiap aktifitas teknisi gedung secara keseluruhan. Akhirnya, arah Penyelenggaraan Pengoperasiaan serta Perawatan peralatan M/E akan menuju pada prinsip TPM ( Total Productive Maintenance ) dalam pelaksanaannya.

Energi dan SDM merupakan masalah yang sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan biaya operasional suatu gedung dengan melihat kenyataan akhir-akhir ini bahwa kenaikan harga BBM serta usaha pemerintah untuk menghemat energi. Dengan acuan Inpres 10/2005 tentang tindakan hemat energi, ruang lingkup energi pada bangunan pada umumnya adalah Energi Listrik, selain pemanfaatan Energi lainnya ( Air ). Energi Listrik memiliki keterbatasan di mana parameternya bisa mengakibatkan tidak optimalnya penggunaan energi yang artinya Pemborosan, termasuk di dalamnya jika pengelola mengedepankan segi Estetika .

Beberapa Parameter Listrik yang terakumulasi untuk konsep Konservasi Energi adalah : Tegangan, Distribusi Arus, Faktor Daya, Harmonisa TM. Besarnya Energi yang digunakan oleh Bangunan gedung dalam periode waktu tertentu dan merupakan perkalian Daya dan Waktu Operasi disebut Konsumsi Energi, begitupula dengan Intensitas Konsumsi Energi ( IKE ) yakni, pembagian antara konsumsi energi dengan satuan luas bangunan gedung. Dibutuhkan suatu standar Prosedur yang berkesinambungan jika hendak dilaksanakan suatu program Konservasi Energi ( Upaya mengefisienkan pemakaian energi untuk suatu kebutuhan agar pemborosan energi dapat dihindarkan ), terutama dalam pengelolaan energi terpakai agar pengaturan effisiensi penggunaan energi tidak mengurangi tingkat kenyamanan di lingkungan hunian ataupun produktivitas di lingkungan kerja.
Intensitas Konsumsi Energi di Gedung Perkantoran adalah 240 kWh/m2 per tahun (ASEAN-USAID,1987) hasil ini diperoleh berdasarkan Audit Energi pada Negara-negara ASEAN, dengan tahapan yang jelas, berasal dari penghitungan parameter bangunan akan diperoleh Profil Penggunaan Energi Pada Perkantoran. Air Conditioning adalah penyumbang terbesar untuk prosentase energi terpakai diikuti Pencahayaan ( Lighting ), Lift, Pompa dan lain-lain.

Upaya mengefisienkan pemakaian energi untuk suatu kebutuhan agar pemborosan energi dapat dihindari, terutama dari pengelolaan gedung ( teknisi pelaksana ) sangat penting dan dimonitor bersama. Pengamatan secara terus menerus tiap hari terhadap faktor penggunaan listrik harus diprioritaskan, Pengoperasian Peralatan dengan Manajemen Waktu Terarah perlu mendapat prioritas dari sisi tugas pelaksanaan para teknisi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s