Manajemen Organisasi Pelaksana Teknik ( Building Maintenance )

Fungsi sistem instalasi Mekanikal Elektrikal (ME) di suatu gedung antara lain untuk menunjang kelancaran, kenyamanan dan keselamatan penghuni dalam melakukan kegiatan yang beragam jenis. Sistem instalasi Mekanikal Elektrikal sangat beragam, tergantung pada fungsi dan sifat peruntukan gedung, ditinjau dari persepsi penggunaan peralatan utama dan pendukung yang dipakai. Orientasi, lokasi serta kondisi lingkungan sekitar gedung merupakan faktor penunjang terhadap keandalan sistem dan instalasi Mekanikal Elektrikal yang dirancang.

Manajemen organisasi dari Pemeliharaan dan Operasional suatu gedung yakni, sesuai dengan tujuan utama adalah melaksanakan tiap aktifitas kegiatan suatu gedung untuk memperoleh hasil maksimal (optimal) dengan biaya yang serendah-rendahnya ( Minimalisasi ). Disertai dengan pertambahan dari asas perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan sehingga sangat fundamental dalam penerapannya.

Organisasi adalah dengan menghimpun pekerja dari berbagai disiplin ilmu terkait khususnya bidang ilmu terapan Mesin dan Elektro dalam satu kesatuan untuk memperoleh tujuan dari manajemen organisasi Pemeliharaan dan Operasional dari Pengelolaan Gedung dalam aplikasi peralatan Mekanikal Elektrikal.

Organisasi pemeliharaan dan operasional adalah kumpulan dari beberapa orang ( Pelaksana Teknik/teknisi) yang memiliki suatu tujuan atau maksud yang sama. Jadi managemen organisasi pemeliharaan dan operasional merupakan suatu pelaksanaan kerja yang terdiri dari sekumpulan orang untuk menjalani fungsi sistem instalasi Mekanikal Elektrikal demi menunjang kelancaran, kenyamanan dan keselamatan penghuni dalam gedung
Diikuti oleh penetapan kegiatan, tujuan dan waktu untuk mencapai target yang telah ditentukan. Untuk pelaksanaan organisasi ini ada empat faktor yang menjadi kualifikasi tertentu, yaitu :
1. SDM yang memiliki kualifikasi ( Kompetensi dan Responsible ) sesuai tugas.
2. Garis wewenang yang jelas berdasar struktur (fungsi).
3. Standar operasional dalam pelaksanaan kerja (Juklak).
4. Job Description ( Pembagian tugas kerja ) yang benar.
Sehingga dalam tiap pelaksanaan tugas tiap orang memiliki wewenang dan tanggung jawab sesuai fungsi pada garis organisasi yang sudah ditetapkan sedari awal dari perencanaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s