Manajemen Operasional Peralatan MEP Gedung

Tingkat penguasaan suatu bidang tidak terbatas dari sudut pandang ilmu pengetahuan tertentu ( Khusus ). Dalam gedung, bidang ilmu terapan tertentu sangat diperlukan pada awal pembangunan; arsitek, sipil, mekanikal dan elektrikal adalah beberapa bidang yang menghasilkan sinergi yang berkesinambungan. Dengan banyaknya gedung-gedung yang tumbuh ( berdiri ) di berbagai kota besar di Indonesia, semakin memacu perkembangan teknologi dari berbagai bidang, diantaranya bidang teknologi bahan, metode konstruksi dan informasi, serta imbuhan dari bidang teknologi ( Ilmu Pengetahuan ) lainnya.

Saat ini perkembangan teknologi bahan bangunan yang menunjang seluruh kebutuhan pada bangunan tinggi terus bermunculan, sehingga setiap orang memiliki pilihan dan alternatif yang beraneka ragam. Pada awal pembangunan, perencanaan yang ditentukan pada suatu gedung bukan hanya dari sisi arsitektural ( estetika ) saja, kombinasi dari aspek ( bidang ) lainnya sangat perlu diakomodir yang nantinya menghasilkan optimalisasi dari fungsi dan tujuan berdirinya suatu gedung.
Keterpaduan diantara system bangunan, membuat bangunan tersebut bukan hanya memiliki keindahan dan dapat digunakan sesuai fungsinya, tetapi dapat juga bertahan terhadap beban dari tiap aktifitas yang ada sehingga memiliki nilai ekonomis yang dapat dipertanggung jawabkan.

Pada waktunya dengan presentase yang signifikan, bidang mekanikal, elektrikal dan plumbing sangat mendominasi tingkat operasional dari kelangsungan berdirinya suatu gedung. Bangunan dilihat dari sisi tekno ekonomis, yang paling utama dalam pengoperasian suatu gedung adalah harus mengetahui teknologi ( pengetahuan ) dasar dari unit peralatan terpasang, kaidah penghidupan, jadwal mulai ( aktif dan non aktif ) pengoperasian, fungsi suatu alat dengan tujuan pengadaan serta keterpaduan perkembangan dari suatu product terhadap suatu bidang lainnya.

Dari berbagai macam jenis, type dan spesifikasi berbeda satu dengan lainnya, dibutuhkan suatu langkah perencanaan, pengkoordinasian dan pelaksanaan yang berkelanjutan dalam pengoperasiannya baik dari sisi pengetahuan sistem, pengetahuan peralatan, pengetahuan bahan dan material yang semuanya bermuara pada kemampuan tenaga teknisi ( SDM ).

Dari keseluruhan operasional suatu gedung yang berlangsung, pendekatan dalam kepastian peralatan yang digunakan pada implementasinya di perencanaan awal, merupakan sumber informasi sangat penting dalam penentuan biaya ekonomis untuk mengetahui anggaran biaya berjalan, guna mengetahui biaya investasi, titik impas dan tingkat pengembalian investasi yang terpakai serta informasi terkait lainnya.

Iklan

Komentar ditutup.